Kamis, 31 Desember 2009

Sejarah Oracle Cards

Walaupun kaum Gypsy juga berusaha mengklaim bahwa mulainya kartu tarot dan oracle dari mereka, ternyata kartu ini mulai banyak dilirik orang dari seorang perempuan kebangsaan Prancis pada abad 19, yaitu Marie Anne Adelaide Lenormand. Sejarah perkembangannya pun tidak terbilang sering diceritakan, seperti tarot yang telah dimulai dari tahun 1750. Perkembangan kartu oracle pun diperkirakan dimulai bersamaaan dengan Tarot, yaitu sekitar 200an tahun lalu.

Ada pula yang menyebutkan, kartu oracle ini berasal dari jaman Yunani Romawi kuno, yang digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi dengan ‘Tuhan”. Mereka meminta nasihat langkah apa yang harus dilakukan.

Berdasarkan kisah tersebut, kartu yang digunakan umumnya berisi gambar dari patung dewa dewi yang mereka sembah. Tiap jenis patung tersebut diinterpreatsikan berdasarkan karakter dan makna yang mereka percayai, lalu dikaitkan dengan kondisi masalah yang sedang dihadapi. Kondisi ini yang mereka sebut ‘pesan dan nasihat dari The God’.

Mulai awal abad 20 lah, kartu oracle dianggap sebagai terobosan baru dari jenis kartu ramalan dengan karakter yang lebih “putih” dari jenis kartu tarot yang ada. Apalagi gambar yang digunakan lebih kearah simbol metafisika yang dikenal ‘baik’ seperti angels, fairies, hingga gambar-gambar dari mitologi.

Pada abad millennium ini lah perkembangan kartu oracle menjadi sangat pesat. Banyaknya penggunaan symbol atau gambar yang lebih bervariatif membuat kartu ini dianggap lebih fleksibel dan mewakili tiap perasan manusia. Jumlah kartunya pun lebih beragam tidak sesuai dengan pakem jumlah dan aturan symbol atau gambar pada Tarot.

Kebebasan inilah yang membuat banyak artis seni, yang mengabadikan gambar yang mereka anggap mewakili setiap kejadian, karakter, perasaan seseorang terhadap sesuatu, pada sebuah kartu oracle. Tidak terkecuali Tony C. Salerno, seorang penulis dan artis kebangsaan Australia yang memfokuskan diri ke dunia spiritual, berusaha menterjemahkan pesan kasih sayang dan kebijaksanaan alam pada sebuah gambar kristal.

Mengapa dipilih kristal? Karena kristal merupakan hasil alam yang terbentuk dalam waktu yang lama dan mempunyai fungsi yang spesifik berdasarkan kandungan mineral dan energi yang dihasilkan. Bahkan dari banyak budaya, kristal juga mempunyai manfaat dalam bidang magic dan spiritual tanpa melupakan fungsi utamanya sebagai penyembuh.

Berdasarkan sifat itulah, pembacaan pada crystal oracle lebih sebagai sebuah seni membaca dan memahami hidup agar dapat menghadapi sebuah kondisi atau masalah yang berat menjadi lebih positif dan memberikan motivasi untuk menjadikannya lebih baik. Atau bisa juga tergantung dari siapa dan bagaimana pendekatan seorang ’pembaca’ menterjemahkan apa yang dia lihat.

(dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar